Ubi Jalar dan Jagung, Pengganti Nasi untuk Mereka yang Lagi Diet
Sabtu, 20-03-2021 - 09:15:28 WIB
Jagung
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Banyak cara dilakukan untuk menurunkan berat badan dan diet sehat tentu tetap jadi pilihan. Banyak yang memilih tidak makan nasi, padahal nasi adalah sumber karbohidrat. Meski diet karbohidrat tetap dibutuhkan untuk tubuh, sebagai gizi primer dan sumber energi seseorang.

Tetapi jangan cemas karena banyak bahan yang bisa dijadikan pengganti nasi, untuk tetap sehat dan ada sumber karbohidrat di dalamnya. Sejumlah makanan pengganti nasi ini bisa dengan gampang didapatkan dan diolah.

Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut diantaranya:

1. Jagung

Makan jagung membuat perut jadi tidak mudah lapar. Serat jagung dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga mengontrol nafsu makan. Dalam 164 gram jagung, terkandung 41 gram karbohidrat dan 177 kalori. Karena itu jagung merupakan salah satu pilihan tepat untuk mengganti asupan karbohidrat nasi.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah makanan yang mengandung banyak serat, vitamin, magnesium dan mangan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung serta tulang.

Ubi menjadi sumber karbohidrat kompleks dengan kadar gula yang rendah. Selain itu jika dibandingkan nasi, ubi jalar memiliki lemak dan kalori lebih rendah.

3. Kentang

Makan kentang memiliki kontribusi yang sama seperti makan nasi putih. Kentang merupakan salah satu sayuran yang kaya karbohidrat. Selain itu, kentang juga mengandung pati resisten (pati yang tidak dapat tercerna), jadi akan membantu menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat kentang, kita bisa mengolahnya dengan cara dikukus atau direbus. Dari semua jenis sayuran, kentang memberi efek rasa kenyang lebih cepat.

4. Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian yang baik dikonsumsi sebagai pengganti nasi saat sedang menjalankan diet sehat. Di dalamnya, terkandung kadar nutrisi tinggi seperti protein nabati, asam amino, asam omega 3, serta serat.

Dilansir dari Healthline, pada 100 gram Quinona kering mengandung 399 kcal energi, 69 gram karbohidrat, 6,3 gram lemak dan 16,5 gram protein. Kandungan protein pada quinoa lebih tinggi ketimbang beras.

Di dalam quinoa juga terdapat juga zat phytonutrients sebagai anti-inflamasi untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh.

5. Nasi Shirataki

Alternatif nasi lainnya yang sehat untuk diet yaitu nasi shirataki, terbuat dari akar konjak dan kaya akan glukomanan (serat makanan alami yang larut dalam air).

Satu porsi beras shirataki seberat 85 gram hampir tidak memiliki kalori. Serat glukomanan dalam nasi shirataki juga baik melindungi dinding usus, jadi aman dikonsumsi bagi pelaku diet.

6. Kembang Kol

Kembang kol yang sudah dipotong-potong bisa menjadi makanan diet pengganti nasi. Kembang kol adalah sumber vitamin C, serat, mangan, kalium, dan vitamin K yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

7. Brokoli

Brokoli termasuk salah satu makanan diet pengganti nasi yang sehat. Sayuran hijau yang satu ini mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, maupun antioksidan.

Selama masa diet, brokoli sangat baik dikonsumsi, baik dalam kondisi sudah dimasak maupun mentah. Cara mengolahnya cukup sederhana, parut brokoli, lalu masak dengan api sedang dengan sedikit minyak.***/zie/int




 
Berita Lainnya :
  • Ubi Jalar dan Jagung, Pengganti Nasi untuk Mereka yang Lagi Diet
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved