Kades Klaim Tanah Desa, NasDem Riau Siapkan Tim Advokasi untuk Warga Tapung Hilir
Rabu, 10-03-2021 - 12:35:58 WIB
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Pengurus DPW Partai NasDem Provinsi Riau menerima kedatangan Perwakilan masyarakat Desa Sukamaju, Kampar yang menyampaikan aspirasinya, di kantor DPW Partai NasDem Jalan Diponegoro Pekanbaru, Selasa (9/3/2021) malam.

Dalam pertemuan satu jam tersebut Paidin dan M Subang, perwakilan masyarakat desa sukamaju menyampaikan bahwa permasalahan yang mereka hadapi saat ini adalah adanya tanah cadangan program desa transmigrasi seluas 60 ha yang diklaim kepala desa (Kades) sebagai aset desa.

Bahkan dilakukan penjualan oleh kepala desa kepada masyarakat dengan Harga Rp.6.997.000,- dengan luas 20x25. Namun sebahagian masyarakat keberatan dengan hal tersebut, karena peruntukkan uang yang tidak jelas.

Sementara di dalam kwitansi disebutkan uang tersebut untuk iuran inventarisasi tanah desa bukan jual beli atau ganti rugi

Uang juga dipungut oleh tim yang legalitasnya dipertanyakan serta uang diduga tidak menjadi penghasilan desa tapi digunakan oleh oknum tertentu. Di lapangan justru uang digunakan untuk mengerjakan yang tidak sesuai dengan peruntukkannya.

Masyarakat hanya diberikan SKT yang dikeluarkan desa dan camat dan SKT banyak kejanggalan.

Didalam pertemuan ini, Polman Sinaga selaku kuasa hukum masyarakat menyampaikan bahwa persoalan ini sudah disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Kampar.

"Kami sudah surati berbagai pihak berwenang bahkan sampai kementrian dalam negeri, dinas transmigrasi, BPN tapi belum ada kepastian hukum terkait hal yang kami tanyakan. Bahkan kami juga sudah buat pengaduan ke Polres Kampar terhadap Kepala Desa yang diduga melakukan Penyalahgunaan Wewenang," katanya.

Masyarakat juga mengungkapkan adanya tindakan intimidasi dari pihak lain kepada masyarakat untuk membayar uang yang hampir tujuh juta tersebut. Bahkan ada dugaan LSM tertentu yang mencoba memanfaatkan situasi turut memback-up kepala desa.

Sementara itu Dedi, perwakilan DPW Partai NasDem Riau yang hadir menerima masyarakat menyampaikan bahwa Nasdem Riau akan coba menganalisa dan mempelajari peristiwa tersebut.

"Melalui DPD kami akan mencoba mengkomunikasikan kepada Bupati Kampar Catur Sugeng yang juga diusung Partai NasDem saat Pilkada lalu," katanya.

Sementara Syamsul Moh Kamar, Ketua DPD NasDem Kampar menyampaikan agar masyarakat melakukan hearing ke DPRD Kampar. Masyarakat diminta memasukkan surat ke Komisi 1 DPRD Kampar dan Ketua DPRD, meminta agar dilakukan hearing bersama unsur perangkat desa dan unsur Pemda Kampar.

Syamsul meminta Zainuri memfasilitasi masyarakat untuk hal tersebut.

Mendapat arahan dari Syamsul Moh Kamar sebagai Ketua, Zainuri Mahmud menyatakan kesiapannya melakukan apa yang disampaikan oleh Partai, dan akan berjuang semaksimal mungkin membela masyarakat yang terzalimi, apalagi masih konstituennya.

Masyarakat diterima Rahmad Rishadi,SH, Chandra Ade Putra Simanjuntak, SH, Muhammad Kharis Yuda Pengurus DPW Badan Advokasi Hukum (BAHU) NasDem Riau, serta Ali Akbar Siregar,SH Ketua Komite Wilayah Liga Mahasiswa NasDem Riau.

Perwakilan masyarakat Desa Sukamaju didampingi oleh DPD Partai NasDem Kampar, Syamsul Moh Kamar (Ketua), Amrizal (Sekretaris) dan Muhammad Zainuri selaku Anggota DPRD Kabupaten Kampar dari Fraksi NasDem, serta Perwakilan dari Pusbakum Madin yang selama ini mengadvokasi lebih dari 140 KK masyarakat desa selaku pemberi kuasa.


Desa yang diduga melakukan Penyalahgunaan Wewenang. Selain itu, masyarakat mengungkapkan adanya tindakan intimidasi dari pihak lain kepada masyarakat untuk membayar uang yang hampir tujuh juta tersebut, bahkan adanya dugaan LSM tertentu yang mencoba memanfaatkan situasi turut membackup kepala desa.
Sementara itu Dedi, perwakilan DPW Partai NasDem Riau yang hadir menerima masyarakat menyampaikan bahwa Nasdem Riau akan coba menganalisa dan mempelajari peristiwa tersebut, dan melalui DPD akan mencoba mengkomunikasikan kepada Bupati Kampar Catur Sugeng yang juga diusung Partai NasDem saat Pilkada lalu, selain itu, Syamsul Moh Kamar, Ketua DPD NasDem Kampar menyampaikan agar masyarakat lakukan hearing ke DPRD Kampar, masyarakat masukkan surat ke Komisi 1 DPRD Kampar dan Ketua DPRD meminta agar dilakukan hearing bersama unsur Perangkat Desa dan Unsur Pemda Kampar, dan Syamsul meminta Zainuri fasilitasi masyarakat untuk itu, apalagi inikan dapil kakak Zainuri, harus kita bela ungkap Samsul mengakhiri. Mendapat arahan dari Syamsul Moh Kamar sebagai Ketua, Zainuri Mahmud menyatakan kesiapannya melakukan apa yang disampaikan oleh Partai, dan akan berjuang semaksimal mungkin membela masyarakat yang terzalimi, apalagi masih konstituennya.
Pertemuan diakhiri dengan makan bersama pengurus Partai NasDem dan masyarakat dikantor Partai NasDem Provinsi Riau.**/ril




 
Berita Lainnya :
  • Kades Klaim Tanah Desa, NasDem Riau Siapkan Tim Advokasi untuk Warga Tapung Hilir
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved